Pilek Pada Anak

Pilek dalam bahasa kedokterannya adalah common colds. Penyebab pilek adalah infeksi oleh virus. Ada ratusan virus yang mampu mengakibatkan pilek. Pilek lebih sering muncuk saat msim penghujan. Anak-anak yang sistem pertahanan tubuhnya lemah, biasanya jadi sasaran empuk virus pilek ini. Pilek pada anak dapat berlangsung 3-15 hari. Lamanya itu tergantung daya tahan tubuh anak yang bersangkutna dan penanganan yang diberikan orangtua mnghadapi pilek anak.

pilek-pada-anakSelain itu ada atau tidaknya penderita pilek di rumah juga dapat mempengaruhi pilek yang diderita anak. Sakit pilek yang bercampur dengan sakit flu mengakibkatkan anak mengalami demam & flu. Dengan begitu, pilek pada anak bisa jadi bukan sejadar common cold atau alergi biasa. Tetapi, bisa juga karena infeksi olej virus influenza. Gejalanya adalah demam, nyeri dada, menggigil, lelah, batuk kering yang tidak produktif, sakit kepala, jarang disertai bersin, hidung tersumbat, hidung gatal dan sakit tenggorokan.

Banyak orang yang menganggap pilek dan flu adalah satu penyakit yang sama. Mereka akhirnya memperlakukan dan memberi obat yang sama pada kedua penyakit itu. Sebenarnya, antara pilek dan flu memiliki gejala dan penyebab yang berbeda-beda.

Seorang anak dapat mengalami 3-8 kali pilek ringan dalam setahun. Gejala pilek sendiri hidung mampet, batuk produktif, bersin-bersin dan sakit tenggorokan. Namun, jarang diikuti demam maupun sakit kepala. Sebenarnya, tidak ada obat yang mampu menyembuhkan pilek, termasuk antibiotik dan suplemen vitamin C. Antibiotik hanya efektif jika diberikan pada infeksi karena bakteri.

Jika anak terkena pilek, ada cara untuk merawatnya saat di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara melakukan pengobatan pilek pada anak dan balita yang bisa dilakukan di rumah :

1. Pastikan Anda atau yang merawat anak tersebut dalam keadaan sehat, gunakan masker jika terkena flu untuk memastikan bahwa penyakit tersebut tidak terus menular karena daya tahan anak balita tidak sama dengan daya tahan orang dengan usia di atasnya.

2. Bersihkan lingkungan sekitarnya dan pastikan tidak ada benda yang memungkinkan terjadinya kontaminasi flu pada anak balita Anda, dan itu termasuk boneka dan mainan lainnya.

3. Berikan ASI eksklusif pada anak Anda, karena dengan memberikan ASI ini maka dapat memperbaiki daya tahan tubuh dari sang anak.

4. Usahakan bayi tetap istirahat walaupun bukan waktunya untuk istirahat, dalam hal ini ialah tidur. Dengan tidur maka daya tahan tubuh dapat diperbaiki dan meningkat menjadi lebih baik.

5. Miringkan kepala bayi Anda saat tidur ke satu sisi, karena dengan posisi ini maka sang anak balita akan mudah bernafas, seandainya terdapat pilek yang mengganggu jalan pernafasannya.

6. Anda bisa memberikan mint pelega hidung, atau nebulizer yang bisa melegakan jalan pernafasannya, atau uap dari air panas yang disalurkan melalui pipa juga dapat membantu melegakan jalan pernafasannya.

7. Flu akan berkurang seiring membaiknya daya tahan tubuh dan hal ini akan memakan waktu selama 3-5 hari, jika masih berlanjut Anda bis


=====================================

>>> Obat Batuk Flu Untuk Mengobati Penyakit Batuk dan Flu, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Pilek, Pilek and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>