Pilek

Pilek adalah tersumbatnya rongga hidung akibat infeksi saluran pernapasan bagian atas. Kondisi ini disebabkan oleh bermacam-macam jenis virus. Gejalanya bisa berupa sakit tenggorokan, demam ringan, mata dan hidung berair serta batuk.

pilekPilek biasa dijumpai. Hampir setiap orang yang mengalami gangguan ini, beberapa hari dalam setahun. Orang yang sehat biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Komplikasi bisa terjadi bila ada infeksi sekunder. Selain itu terjadinya pilek mungkin juga akibat penyebaran infeksi virus ke rongga hidung tengah, pita suara (laringitis), rongga tulang muka (sinusitis) atau saluran pernapasan bawah (bronkhitis).

Pilek juga dapat disebakan oleh timbulnya influenza atau yang lebih dikenal dengan flu dan merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh berbagai virus penyebab, salah satunya adalah virus RNA dari famili orthomyxoviride.

Pilek merupakan gangguan kesehatan khususnya bagian saluran pernapasan atas (ISPA) yang paking sering diderita oleh banyak orang diseluruh dunia dan merupakan pemyakit umum dan wajar tersering terbilang ketika perubahan cuaca yang tak menentu, serta suhu tubuh yang meninggi atau melemah.

Pilek juga merupakan penyakit yang mudah disembuhkan tanpa perawatan yang intensif atau dapat dikatakan sembuh dengan sendirinya (self-limiting). Diketahui lebih dari 200 tipe virus penyeba pilek mudah menyebar dan terjangkit pada siapa saja tanpa mengenal usia, rasa dan suku bangsa.

Awal timbulnya pilek dilatar belakangi oleh gejala ringan yang terjadi pada 5-10 hari. Gejala dan keluhan yang paling sering dialami dan terjadi adalah ingusan, bersin-bersin, hidung tersumbat, sakit kepala, sakit tenggorokan dan batuk. Pilek adalah suatu penyakit yang paling berjangkit yang disebabkan oleh beberapa strain virus yang berlainan yang oleh sesuatu hal tampaknya bertukar-tukar dari tahun ke tahun. Kadang-kadang virus-virus itu amat berbahaya dan kadang-kadang tidak berbahaya.

Bedanya Flu dan Pilek

Bagi orang awam, sulit membedakan antara flu dan pilek. Gejalanya memang mirip sehingga banyak yang menganggap sama keduanya. Flua adalah pilek yang disertai demam. Gejaanya sangat khas, diantaranya suhu tubuh meninggi, badan terasa lemas, persendian ngilu, sakit kepala, pilek dan kadang disertai batuk.

Sedangkan pilek diawali dengan bersin-bersin, lalu keluar ingus jernih yang lama kelamaan mengental dan pekat dari hidung, berlanjut gatalnya tenggorokan dan kadang disertai rasa sakit menelan, tapi jarang diikuti demam. Jika dibiarkan berlarut-larut pilek dapat berubah jadi flu. Baik flu atau pilek kadang disertai batuk.


=====================================

>>> Obat Batuk Flu Untuk Mengobati Penyakit Batuk dan Flu, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Pilek, Pilek and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>